Profil Lab

Profil Laboratorium Fisika Dasar

Fisika sebagai Ilmu Dasar keteknikan merupakan mata kuliah yang sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Teknik maupun Kedokteran, karena menjadi landasan dalam memahami Ilmu-ilmu Teknik dan Kedokteran. Dalam memahami ilmu Fisika tidak cukup membaca literatur atau kuliah saja, melainkan perlu disertai dengan eksperimen dan peragaan nyata atas gejala-gejala fisika, sehingga mahasiswa dapat melihat dan mengamati serta menghitung secara langsung fenomena-fenomena fisis yang terjadi. Oleh karena itu praktikum Fisika Dasar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata kuliah Fisika.

Laboratorium Fisika Dasar adalah laboratorium yang berada dibawah koordinasi Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Keberadaan laboratorium ini dimaksudkan untuk menyelenggarakan kegiatan yang mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat pengguna sesuai dengan bidang ilmu. Kegiatan tersebut diwujudkan dalan bentuk pengkoordinasian dan pengelolaan mata kuliah praktikum, pembentukan dan pengembangan kelompok diskusi dan penelitian, serta pembentukan dan pengembangan kelompok minat bakat di bidang Fisika.

Letak laboratorium ini pada Gedung Fakultas Teknik (Gedung H) Lantai 4 Sayap Timur. Ruang kantor untuk Kepala Laboratorium, Laboran dan Asisten jadi satu dengan ruang praktikum tetapi dibatasi oleh skat kaca sebagai tempat informasi, koordinasi dan asistensi. Sebagai Kepala Laboratorium, Indah Pratiwi ST.MT. (c.p. 0271-5822927), yang sehari-harinya juga sebagai dosen Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik-UMS. Dalam tugas beliau dibantu oleh seorang Laboran.

Setelah mengikuti Praktikum Fisika, mahasiswa peserta praktikum (praktikan) dapat:

  1. Memahami konsep-konsep dasar ilmu Fisika dalam kegiatan praktikum di laboratorium
  2. Mengenal dan menggunakan serta mengetahui cara membaca skala beberapa alat ukur secara benar dan teliti.
  3. Menganalisis hasil-hasil pengukuran dan mengolah data dengan menerapkan teori ketidakpastian.
  4. Mengenal dan memahami metoda-metoda eksperimen.
  5. Memahami kejadian-kejadian (fenomena) Fisika melalui metoda eksperimen yang dilakukan.
  6. Menyusun laporan praktikum serta menyimpulkan hasil praktikum yang telah dilakukan.

Sejarah dan perkembangan, Laboratorium Fisika Dasar Fakultas Teknik – UMS mulai beroperasi pada tahun 19….., berawal dari pembelian paket peralatan dan pelatihan terstruktur dari Laboratorium Fisika FMIPA-UGM. Secara bertahap laboratorium ini terus dikembangkan dengan penataan fasilitas, baik penambahan peralatan-peralatan baru maupun melengkapi komponen peralatan yang sudah ada. Tahun 2007 dilakukan penambahan 27 unit peralatan untuk lebih memudahkan kegiatan. Dalam bidang penelitian dan pelayanan masyarakat, laboratorium ini membantu mahasiswa untuk pengujian pada Tugas Akhir dan 3 mahasiswa membuat alat sensor pada viskositas secara robotik. Laboratorium ini berupaya meningkatkan kemampuan SDMnya dengan pelatihan-pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk memberdayakan aset-aset yang telah dimiliki guna mendapatkan hasil yang optimal, yaitu tahun 2008 diadakan workshop dengan Laboratorium Fisika FMIPA-UGM. Laboratorium ini juga melakukan studi komparatif dengan Laboratorium Pusat MIPA UNS dan Fisika FMIPA-UGM di tahun 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: